Ajax VS jquery

Apa Sih Sebenarnya AJAX Itu?

Istilah AJAX pertama kali dikemukakan oleh Jesse James Garrett dalam artikelnya yang berjudul AJAX: A New Approach to Web Applications. Ajax adalah singkatan dari . Dalam artikel tersebut ia mengatakan bahwa AJAX sebenarnya bukanlah teknologi pemrograman web yang berdiri sendiri tetapi kombinasi dari beberapa teknologi web yang sudah lebih dulu populer, yaitu XHTML/CSS, Document Object Model (DOM), XMLHttpRequest, dan JavaScript. Pada dasarnya Ajax itu adalah mengubah halaman tanpa loading.

mengutip dari wikipedia, AJAX adalah kumpulan dari metode pengembangan web. jadi ajax adalah kumpulan dari beberapa teknologi pada implementasinya, misal HTML, CSS, Javascript, DOM, HTTP.
Salah satu cara mengaplikasikannya adalah menggunakan metode XMLHttpRequest dengan menggunakan bantuan bahasa script Javascript (misalnya untuk mengakses object DOM pada content web).

kata sakti asynchronous pada huruf ‘A’ dari kata Ajax, berimplikasi pada komunikasi data client-server bisa terjadi tanpa mengubah tampilan web (kayak agan atas ane bilang, ‘tanpa harus mereload semua halaman’).

Apa Itu JQuery?

Barangkali Anda belum pernah mendengar istilah JQuery sebelumnya. JQuery adalah framework JavaScript yang menyediakan berbagai fungsi yang berguna untuk memudahkan pengembangan aplikasi berbasis web dengan teknologi AJAX.

JQuery merupakan salah satu library JavaScript yang cukup populer dan dipakai oleh banyak sekali situs Internet, seperti Google, Amazon, Microsoft, Twitter, Best Buy dan masih banyak lagi situs yang lainnya. Disamping itu berbagai proyek open source pun banyak yang memakai library ini, misalnya saja WordPress, DotNetNuke, Drupal, Trac dan TextPattern. Selain JQuery masih banyak library JavaScript lainnya, yaitu misalnya Prototype, Scriptaculous, Mootools, Google Web Toolkit, Yahoo User Interface dan sebagainya.

jQuery adalah kumpulan (library) Javascript untuk memudahkan pemrograman web menggunakan Javascript. salah satu fitur yg disediakan jQuery adalah interaksi client-server menggunakan teknologi ajax. ane masih kurang sreg klo jQuery digolongkan framework, menurut ane lebih tepat library.

jadi sederhananya:
ajax: teknologi pemrograman web dan komunikasi ke server .. tapi tanpa loading
javascript: bahasa pemrograman web
jquery: kumpulan script (library) javascript dan ngerubah halaman tanpa loading .. karena ga komunikasi ke server ..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s