Membuat Template WordPress

Semakin majunya teknologi komunikasi, maka semakin banyak juga teknologi – teknologi baru. Salah satu teknologi dalam bidang web site adalah mesin CMS atau bloging yaitu wordpress. WordPress sebenarnya sudah lama hadir dalam jajaran dan persaingan dengan beberapa mesin CMS atau bloging. WordPress pun menempati peringkat teratas dalam mesin CMS bersamaan dengan joomla dan drupal. WordPress ini bersifat open source dan mampu besar dan bisa dikenal orang karena banyaknya komunitas yang sama-sama mengembangkan dan membangung wordpress.

Dalam pengem bangannya, wordpress selalu update dalam setiap versinya, dan masing – masing versi mempunyai beberapa fitur tambahan. Selain itu banyak programer yang mengembangkan dalam hal plugin, dan juga themes. Plugin adalah sebuah fitur – fitur tambahan, yang sebelumnya tidak ada di wordpress. Dan themes adalah kumpulan script untuk mengatur atau mendesain tampilan wordpress. Saat ini pun sudah banyak para pembuat themes wordpress, baik yang di gratiskan atau pun berbayar.

Sebenarnya cara membuat themes wordpress itu gampang – gampang susah. Dibilang gampang itu karna yg penting faham html, css, dan php untuk mengambil function yg ada di wordpress, dan dibilang susah, ya karena pasti nanti ada kendala dalam membuat themes. hehehehe.

Pada dasarnya beberapa hal yg harus di perhatikan dalam membuat themes adalah kita harus membuat file – file berikut ini:

  • header.php (File ini berisi tentang header dari themes kita)
  • footer.php (File ini berisi tentang footer dari themes kita)
  • index.php (File ini untuk isi dari halaman index themes)
  • home.php
  • style.css (File ini adalah file css untuk mengatur layout themes kita, dan sekaligus untuk menamai themes, versi dll)
  • page.php (File ini membuat tampilan page)
  • post.php / archive.php (File untuk tampilan post)
  • single.php (File untuk membuat tampilan single post)

Sebenarnya untuk post.php dan single.php itu tidak harus ada. Jadi file – file itu lah yang harus ada jika ingin membuat template wordpress sendiri, dan yang pasti jika pngen tau referensi semua tag atau finction yang ada di wordpress silakan buka wordpress.org .
Oke cukup sekian, dan semoga bermanfaat.

Advertisements

4 thoughts on “Membuat Template WordPress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s